Sesuatu Tentang Sabar

July 30, 2010 at 3:17 am Leave a comment

menjamu kesabaran agar tetap di hati itu susah banget, apalagi buat orang-orang macam aku ini yang kadang lebih seneng meluapkan kemarahan dengan langsung hantam biar marahnya cepet ilang…

sabar itu kunci kebahagiaan? benar gituh?

selintas orang pasti tau bahwa kata sabar berasal dari bahasa arab yang diadopsi oleh bahasa indonesia yang artinya kurang lebih adalah mencegah dan menahan diri dari berkeluh kesah, menahan lisan dari mengeluh, dan menjaga anggota badan dari perbuatan mengamuk ……( biasanya yang ngamuk itu kan hewan.. jadi kalo manusia ada yang ngamuk itu lebih mirip ke…….) ga berani nyebut takut ada yang kesinggung…

trus bahagianya dimana? kan orang sabar biasanya kalo diapa-apain diaam ajah..

siapa bilang? nah ntu tadi yang nulis siapa?

sabar itu kata kerja aktif bukan pasif, jadi kalo ada yang bilang sabar itu musti diam ajah kalo diperlakukan ga adil ato diperlakukan seenaknya, itu pengertian yang salah, karena sebenarnya nih sabar itu artinya lebih deket ke “menunda respon” biar kita bisa mengatur emosi kita agar bisa memandang suatu masalah dengan objektif jadi ngambil keputusannya ga grasa grusu kan kalo dah grasa grusu bisa-bisa kita jadi salah sendiri tar akhirnya nyesel, nangis, marah-marah, nendang sana-sini, tinju kiri-kanan dsb …(ih ko dramatis banget, ya kan sinetron juga kalo ga dramatis ga seru ya sekali-kali tulisan juga donk)…

di dalam Taisir Lathifil Mannaan Syaikh As Sa’di rahimahullah menyebutkan sebab-sebab untuk menggapai berbagai cita-cita yang tinggi. Beliau menyebutkan bahwa sebab terbesar untuk bisa meraih itu semua adalah iman dan amal shalih.

selain  itu, ada sebab-sebab lain yang merupakan bagian dari kedua perkara ini. Di antaranya adalah kesabaran. Sabar adalah sebab untuk bisa mendapatkan berbagai kebaikan dan menolak berbagai keburukan. Hal ini sebagaimana diisyaratkan oleh firman Allah ta’ala, “Dan mintalah pertolongan dengan sabar dan shalat.” (QS. Al Baqarah [2]: 45).

Yaitu mintalah pertolongan kepada Allah dengan bekal sabar dan shalat dalam menangani semua urusan kalian. Begitu pula sabar menjadi sebab hamba bisa meraih kenikmatan abadi yaitu surga. Allah ta’ala berfirman kepada penduduk surga, “Keselamatan atas kalian berkat kesabaran kalian.” (QS. Ar Ra’d [13] : 24).

Allah juga berfirman, “Mereka itulah orang-orang yang dibalas dengan kedudukan-kedudukan tinggi (di surga) dengan sebab kesabaran mereka.” (QS. Al Furqaan [25] : 75).

Selain itu Allah pun menjadikan sabar dan yakin sebagai sebab untuk mencapai kedudukan tertinggi yaitu kepemimpinan dalam hal agama. Dalilnya adalah firman Allah ta’ala, “Dan Kami menjadikan di antara mereka (Bani Isra’il) para pemimpin yang memberikan petunjuk dengan titah Kami, karena mereka mau bersabar dan meyakini ayat-ayat Kami.” (QS. As Sajdah [32]: 24) (Lihat Taisir Lathifil Mannaan, hal. 375)

so.. masih ragu untuk belajar bersabar?

yu sama-sama belajar untuk bersabar, semoga Allah SWT. menjadikan kita semua hamba-hambaNYA yang bersabar Amiiiiiiiiiiiiin…..

Entry filed under: Campur-campur.

Belajar Nyetir Episode 1 65 Tahun Sudah Negeriku Merdeka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


July 2010
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Recent Posts

Feeds


%d bloggers like this: